Minggu, 30 Agustus 2015

MEMBUAT RUANGAN TAMPAK SEJUK



TIPS MEMBUAT RUANGAN TAMPAK SEJUK

Kenyamanan dalam menghuni ruangan tentu jauh lebih penting dari seni keindahan arsitektur ruang tersebut, apalah artinya ruang yang indah nan megah yang dibangun dengan biaya mahal namun tidak nyaman digunakan. ya.. terkadang kita menemui atau bahkan mengalami berada didalam sebuah ruangan yang hawanya terasa panas sekali sehingga tidak betah berlama-lama didalamnya, hal ini tentu akan sangat mengganggu jika yang dimaksud adalah ruang kerja, ruang tidur, ruang belajar dan ruangan lainya yang butuh waktu cukup lama untuk berada didalamnya sehingga dapat mengerjakan aktifitas sehari-hari. kondisini sebaiknya bisa segera diatasi agar aktifitas didalam ruangan bisa kembali berjalan normal, ya.. ada banyak cara agar ruangan tidak terasa panas, berikut ini beberapa alternatif yang bisa dilakukan
Cara agar ruangan tidak terasa panas
  1. Menggunakan AC air conditioner yang merupakan teknologi pendingin ruangan populer abad ini.
  2. Meninggikan plafond atau atap rumah, jika terlalu pendek maka akan terasa pengap.
  3. Menggunakan material bangunan yang sejuk, contohnya atap genteng lebih sejuk dibanding bahan asbes. plafond triplek akan terasa lebih panas dibanding gypsum. dinding yang terbuat dari keramik atau marmer akan lebih sejuk dibanding finish cat. lantai marmer akan lebih sejuk dibanding lantai kayu.
  4. Memperbanyak ventilasi, bisa berupa jendela yang dipasang didinding dan jika tidak memungkinkan untuk memasangnya maka bisa membuat sepoi-sepoi di atap rumah.
  5. Membuat kolam ikan atau taman air didalam ruangan, suara percikan air akan memberikan nuansa kesejukan, uap air juga membuat udara didalam ruangan tidak terasa kering.
  6. Menaruh tanaman hias didalam ruangan, pada siang hari pepohonan dapat merubah gas karbondioksida menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan manusia, tetapi pada malam hari pepohonan akan berganti menyerap oksigen dan mengeluarkan karbondioksia. oleh karena itu sebaiknya diletakan diluar ruangan saat malam hari.
  7. Memasang expose atau kipas angin, Pergantian udara yang lancar diharapkan dapat menjaga kesejukan ruangan.
Begitulag beberapa hal yang mungkin dilakukan agar ruangan tetap terasa sejuk dan dapat mendukung kenyamanan aktifitas sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar